Prostetik Bionik…? (Caution, sebenernya ini curcol)

  • Prostetik = Peralatan yang digunakan sebagai pengganti bagian tubuh yang hilang
  • Bionik = Pengalihan struktur anatomik atau fungsi fisiologi dengan komponen elektronik atau mekanik

Dari penjelasan 2 kata tersebut bisa ditangkap bahwa prostetik bionik adalah suatu perangkat yang dikembangkan dengan teknologi untuk membantu penyandang disabilitas sebagai pengganti bagian tubuhnya yang tiada.

Jadi gimana sih perkembangan dunia prostetik bionik di Indonesia? Bidang ini masih sangat jarang terdengar di pembicaraan khalayak umum. Untuk prodi prostetik di perkuliahan sebetulnya udah ada di beberapa kampus yaitu Poltekkes Surakarta dan Poltekkes Jakarta I. Dan sudah ada perusahaan lokal yang bergerak di bidang prostetik, PT Kuspito Prosthetic Orthotic.

Untuk bioniknya gimana? Sampe sekarang gw masih jarang denger penggunaan teknologi bionik di keseharian kita. Salah satu informasi terkini yang gw denger di 2015 dan cukup ramai di pemberitaan, ada seorang bagian dari TNI AL yang dapet tangan bionik pertama di Indonesia. (Ya, baru itu.. Mungkin gw yang kurang mengetahui informasi lainnya yang tidak terlalu terekspos, karena bagaimanapun juga saat ini gw masih terkategorikan sebagai orang yang awam…..)

Bionik sendiri adalah topik yang terkait dengan Teknik Biomedika. Di negara-negara maju, Teknik Biomedika udah menjadi bidang yang terpandang. Jumlah ahli di bidang tersebut ga kalah banyak sama ahli di bidang pertambangan, perminyakan dan semacamnya. Namun di sini jumlah ahli di bidang biomedika masih tergolong dalam jumlah yang minim; mungkin terkait dengan minimnya pula jumlah perguruan tinggi yang menyediakan prodi tersebut.

Yang ingin gw sampaikan di sini adalah, bukan hal yang mustahil untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang mengembangkan prostetik bionik. Untuk merealisasikannya tentu perlu banyak kerjasama dari ahli berbagai bidang seperti ahli desain produknya, ahli mekaniknya, ahli mediknya, ahli IT & elektronya, ahli prostetiknya, ahli bisnisnya dan ahli-ahli yang lain. Ini bagian sulitnya. Kebanyakan orang akan berpikir bahwa mengembangkan prostetik bionik bukan hal yang cocok dilakukan di Indonesia karena kemampuan perekonomian di negara ini secara rata-rata masih tergolong menengah ke bawah.

Mungkin masih butuh waktu bertahun-tahun untuk melihat dan bisa jadi bagian dari perusahaan yang bergerak di bidang prostetik bionik di Indonesia. Yaa, sampai tiba waktunya, semoga gw bakal terus mendalami bidang ini lebih lanjut dan berusaha untuk berkontribusi dalam pengembangannya, karena itulah cita-cita gw untuk sekarang… /melipir/

((Maaf jikalau ada yang menemukan artikel ini dan membacanya dengan serius namun menemukan bahwa post ini hanya curcol belaka))

Advertisements

3 thoughts on “Prostetik Bionik…? (Caution, sebenernya ini curcol)

  1. AFadius July 30, 2015 / 7:07 PM

    /awalnya kirain ada teori2 apa gitu/

    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    /okesip dgrin curhatan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.