Mari Makan — Edisi Makan Pagi

Haiii, semuaa!!

Berbekal pengetahuan dan pengalaman selama hampir 3 tahun tinggal di Bandung, aku mau bagi-bagi rekomen tempat makan yang mantap puol di sini. Tapi ya rekomennya bakal banyak yang makanan mahasiswa gitu (alias makanan terjangkau yang mungkin kurang sehat) berhubung budgetku cuma budget mahasiswa HAHA. [btw ngeblog 30 hari di bulan kemarin gagal karena aku skip sehari terus jadi males ngelanjutin wkwk :((] 

Post edisi makan-makan ini bakal aku bagi tiga jadi menu makan pagi, makan siang, makan malam, sama jajan-jajanan. Yang aku tulisin di sini cuma tempat makan favoritku aja, untuk tiap jenis makanan tentu aku udah nyobain banyak tempat tapi aku cuma ceritain yang memorable aja wkwk. Supaya ga bosen baca tulisan doang, aku bakal selipin foto-foto makanan hasil googling ya karena aku gapunya foto-fotonya. 😂

  • BUBUR AYAM: Berhubung aku tinggal di Cisitu Baru, bubur enak yang pertama kali aku coba itu Bubur Serbu Rame. Kaya namanya, bubur ini rame banget didatengin orang di pagi hari dan jam 10-an biasanya udah habis. Buat rasanya sebenernya ga terlalu bikin nagih sih menurutku, tapi ya cukup enak. Bubur ayam lain yang pernah (dan paling sering) ku makan itu yang ada di Tubagus Ismail, Bubur Ayam Pak Apid yang ada di sebelah Indomaret. Pada awalnya aku ga terlalu suka karena buburnya terlalu polos menurutku(?). Makin ke sini, malah selalu jadi pilihan pertama kalau lagi pengen makan bubur WKWK. Bubur Pak Apid ini bukanya ga cuma pagi btw, kalau siang sih tutup tapi di sore dan malam harinya buburnya buka lagi. Bisa jadi salah satu pilihan buat kalian yang ngidam bubur tapi udah kesorean wkwk. Di Serbu Rame bubur ayam+telurnya 11 ribuan, kalau di Pak Apid bubur ayam+telurnya 15 ribuan

    picture-1463375495
    source: https://pergikuliner.com/restaurants/bandung/bubur-ayam-serbu-rame-dago-atas
  • KETUPAT TAHU: Sebenernya hampir semua tempat yang jual ketupat atau kupat tahu rasanya sama aja, ya gitu-gitu doang karena yang ngebedain paling tekstur komponen bahannya sama rasa saosnya. Kalau lagi pengen kupat tahu, aku jarang makan di Simpang Dago walaupun dekat tinggal ngesot dari kosan dan banyak pilihannya. Aku malah lebih sering makan kupat tahu di Tubis, persis di sebelahnya bubur Pak Apid. Kalau aku sih ngerasanya tahu di sana lebih lembut, biasanya juga masih anget karena baru digoreng, dan porsi ketupatnya banyak. Harga ketupat tahu di situ sama kaya harga biasanya kok, 10 ribuan untuk satu porsinya.

    dsc_0731
    source: https://rinaldimunir.wordpress.com/2015/04/20/kupat-tahu-sarapan-pagi-orang-sunda/
  • NASI UDUK: Nasi uduk buat sarapan favoritku ada di Simpang Dago, posisinya di seberang belokan ke Tubis, pokoknya yang bertenda biru dan di sebelahnya ada tempat servis-servis TV gitu. Tempat ini buka dari pagi sampe siang banget, kadang aku lewat sana jam 1 siang pun masih ada. Yang aku suka di sini, nasi uduknya berasa, bihun dan tempenya ga ngebosenin kaya nasi uduk yang buka pagi hari lainnya, dan sambelnya enak ga pedes-pedes banget tapi cukup untuk menambah sensasi. Terus kerupuk di sini lembut banget, bukan lembut sih–apa ya nama teksturnya wkwk, pokoknya ga keras dan begitu masuk mulut gampang hancurnya jadi cocok banget dimakan bareng nasi. Bapaknya juga nyediain gorengan yang seringkali disajikan hangat, kalo udah ga sabar pengen makan tapi bapaknya masih nyiapin nasinya bisa cemilin gorengannya dulu HAHA. Di sini nasi uduk+telur harganya 10 ribuan saja.

    nasi-uduk-mandalakrida
    source: https://www.sobatjogja.com/nasi-uduk-mandalakrida-teman-sarapan-istimewa-sehabis-lari-pagi/
  • NASI KUNING: NASI KUNING SUMUR BANDUNG IS THE BEST! Gaada yang ngalahin enaknya nasi kuning di sini. Aku bisa aja seminggu sarapan ini terus saking sukanya. Nasi kuning ini bisa ditemuin di sebelahnya stasiun radio yang di jalan Sumur Bandung. Gampang lah pokoknya nyarinya, di Gmaps pun ada. Tapi jangan dateng setelah jam 10, biasanya kalaupun masih buka udah pada habis. Selain nasinya enak banget, pilihan lauk di sini banyak banget. Ada daging cincang, perkedel, telur rebus atau telur dadar, dan beberapa lauk lainnya yang gapernah aku lirik karena aku selalu belinya kalau ga pake telur ya perkedel wkwk. Nasi kuning+telur di sini harganya 10 ribu sekarang. Baru aja semester ini naik, kemarin-kemarin masih 9 ribu padahal haha.

    Nasi-Kuning-Sumur-Bandung-via-lapercuy
    source: https://dolandolen.com/mau-sarapan-enak-di-bandung-ada-8-resto-dan-kedai-ini-buat-dolaners/
  • NASI GORENG: Kalau lagi pengen sarapan nasi goreng sebenernya agak susah carinya. Nasi goreng yang ada di pinggir jalan Simpang Dago adalah nasi goreng yang paling gampang ditemui dan untungnya rasanya enak, jadi otomatis banget langsung ke sana kalau lagi pengen nasi goreng. Sesuai nama tempatnya, Nasi Goreng dan Lontong Kari, di sana ada dua menu utama yang dijual yaitu nasi goreng sama lontong kari. Bisa pilih pake ayam ataupun daging sapi. Nasi goreng di sini bukan nasi goreng oseng kaya yang dijual di pinggir jalan, nasi goreng ini rempahnya rada beda. Ya pokoknya enak lah! Lontong karinya juga ga kalah enak kok hehe. Di sini seporsi nasi goreng harganya 14 ribuan.

    151
    source: https://www.bango.co.id/resep/detail/151/nasi-goreng-kari-kambing
  • SOTO: Untuk soto, ada beberapa tipe soto berbeda yang jadi pilihanku kalau mau sarapan. Ada soto ayam yang kuahnya kental di pinggir jalan Cisitu (Soto Ayam Madura–seberang sananya dikit Bubur Serbu Rame) yang harganya hanya 10 ribu untuk soto+nasi. Ada juga soto betawi dengan daging & usus di tempat makan Cisitu Lama atas sampingnya Indomaret (Kedai Bunda–deket Kuro-Kuro Cisitu), di sini tempat makan soto favoritku karena isinya daging dan buanyakkk–kalau di sini soto+nasinya harganya 14 ribu. Aku ingetnya ada lagi satu jenis soto tempat aku makan pagi, tapi kok lupa ya.. 😦 Aku malah jadi inget soto di depan Lanud Sulaiman yang jual pecel juga dan pecelnya uenak bangedd, aku selalu makan itu kalau lagi testflight di sana tapi yakali pas lagi pengen bela-belain ke Kopo cuma mau makan soto HAHA.

    soto-kambing-betawi-yang-nikmat
    source: https://sotodansup.wordpress.com/2015/07/05/cara-membuat-soto-kambing-khas-betawi-yang-enak/
  • PECEL(?): Yak, ini melanjutkan cerita di atas aja. Jadi, di seberang pintu masuk Lanud Sulaiman ada lahan luas yang berisi tempat-tempat makanan. Di sana ada Nasi Pecel Madiun yang jual nasi pecel dan soto. Nasi pecelnya bisa pake ayam, ati ampela, ataupun gepuk. Aku lupa harga makanan di sini berapa, pokoknya biasanya aku pesen nasi pecel gepuk+nasi soto daging+2 es teh manis+beberapa gorengan totalnya 40-50 ribuan. Oh iya, di deket pecel madiun ini juga ada yang jual bakso guedee banget, rasanya biasa aja sih tapi siapa tau kalian kepo dan mau mampir ke sana(?).

    foody-mobile-2-jpg-283-636102493382450098
    source: https://www.foody.id/bandung/nasi-pecel-madiun-margahayu

Yak, sekian dulu cerita soal makanan kali ini. Gara-gara memikirkan makanan di atas serta mencari-cari fotonya, aku jadi pengen makan semuanya huhu. Semoga review alay ini bisa membantu teman-teman yang cari makanan di Bandung yaa. Sampe ketemu di post berikutnya. 😝

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.