Jalan-jalan ke Cirebon

Sesungguhnya judulnya agak salah sih.

Hari Sabtu kemarin aku dan beberapa anak-anak Aksan yang KP di Jakarta ke Cirebon bareng. Tujuannya?

Perjalanan dilakukan dalam rangka meramaikan nikahannya Kak Luqman, mantan ketua Aksan tahun lalu. KEREN BANGET KAK LUQMAAAN, ketua Aksan pertama yang sudah berijabsah nih. :)))

IMG_20180707_122448.jpg
Bersama pasukan dari Jakarta, muka kucel karena kepanasan dan kelelahan

Nah, kemarin itu makanan di nikahannya Kak Luqman tuh enak-enak bangeuuuud! Salah satu yang ingin aku sorot di tulisan kali ini adalah………………………………..MIE KOCLOK!!!!!!!

536404_620
Mie koclok, source gambar: https://sport.tempo.co/read/801442/mie-koclok-mie-kuah-santan-khas-cirebon

Selama ini aku belum pernah mengetahui sama sekali tentang makanan dengan kuah bertekstur creamy nan lezat ini. Jadi, mie koclok ini isinya mie kuning ditambah toge, telur rebus, dan ayam yang disiram sama kuah kental berwarna putih. Berdasarkan hasil pencarian di Google, kuahnya dibuat dari kombinasi antara kaldu ayam, santan, dan tepung maizena. Aku suka banget sama kuahnya yang bisa dibilang agak mirip bubur ini. Bisa juga dibilang ini adalah carbonara versi nusantara, haha. Pokoknya di Bandung harus bisa makan ini lagiiiii! 😭

Selain ke nikahannya Kak Luqman, aku dan pasukan semobil serta pasukan Aksan dari Bandung berkunjung juga ke Keraton Ka…Ke…. aduh apa ya namanya…………

KERATON KASEPUHAN! (((hasil Googling)))

………dan tentunya, mencicipi makanan setempat. Sayangnya, karena waktu yang sedikit, cuma sempet mampir ke satu tempat yaitu…….Empal Gentong Krucuk 🍲

empal-gentong-krucuk-cirebon_medium
Empal gentong Krucuk, source gambar: https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-cirebon/empal-gentong-krucuk-khas-cirebon-kuliner-yang-wajib-dicoba.html

FYI LAGI! Aku juga baru tau kalau empal gentong itu ternyata daging dengan kuah yang mirip gulai dan soto betawi gitu. SELAMA INI AKU KIRA EMPAL GENTONG ITU DAGING GORENGGGG HAHAHA. Mengapa?! Karena aku baru tau istilah empal gentong di Kambing Bakar Kairo, makanya aku merelasikan makna makanannya mirip-mirip sama daging+pembakaran.

Kemarin aku nyoba empal gentong dagingnya dan tahu gejrot serta sate kambingnya. Aku menyesal tidak membeli empal gentong campur, yang merupakan campuran daging dan jeroan, karena awalnya ku kira ada atinya. Ternyata malah enakan yang campuurrr, karena nggak ada atinya dan lebih menarik. 😢 Kalau menurutku, tahu gejrot di sana juga lebih enak dari kebanyakan tahu gejrot yang ada di Bandung. Kuahnya lebih berasa, sisanya sih sama aja haha. Sate kambingnya lembuuuuut, enak banget dimakan, sayangnya rasanya kurang gress menurutku karena efek bumbu kacangnya yang tida ena ((iya, sate kambingnya pake bumbu kacang wkwk)). Tapi kalau dimakan polosan, enak kok guyyyss! Aku malah ngide makannya pake kuah tahu gejrot, HAHA.

Perjalanan ini adalah jalan-jalan bareng temen ke luar kota pertamaku. Aku udah pernah sih ke Lampung dan Pasuruan, tapi kan itu buat lomba jadi gausah diitung lah ya hehe. Mencoba berbagai makanan baru membuatku ingin memasukkan wisata kuliner se-Indonesia sebagai bucket list-ku. Bisa sekalian dibuat seri perjalanan juga kan, mungkin namanya bakal jadi “Makan-makan Men!” yang serupa dengan “Jalan-jalan Men” HAHAHA.

Yup, sekian ceritaku hari ini. Doakan aku dan Mz Bgz dilimpahkan banyak rejeki ya guys biar kami bisa cepat menyusul Ka Luqman. HEHEHEHE.

BYEEE!! 😛

Advertisements

2 thoughts on “Jalan-jalan ke Cirebon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.